Selasa, 16 November 2010

Pemasaran

NAMA : GHITA NATALIA
NPM : 22210989
KELAS : 1EB06

BAB 6
PEMASARAN

PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
*Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.

*Pemasaran yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

JENIS-JENIS PASAR
1. Pasar Konsumen
Sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
2. Pasar Industri
Pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsung maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
3. Pasar Penjual
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
4. Pasar Pemerintah

KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
• Konsep Produksi
Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.

• Konsep Produk
Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.

• Konsep Penjualan
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik.
• Konsep Pemasaran
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian keputusan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.

BAURAN PEMASARAN
Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah Kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.

Pengertian Produk :
Suatu sifat yang komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan.
Pengertian Saluran Distribusi :
Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri.

Pengertian Harga :
Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
Pengertian Promosi :
Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

TUJUAN SISTEM PEMASARAN

Ada tiga alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1) Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum.

2) Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan, kepuasan yang diterima seseorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.

3) Memaksimumkan Mutu Hidup
Memaksimumkan Mutu Hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu lingkungan fisik, dan mutu lingkungan kultural.

PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
1. Pendekatan Serba Fungsi.
Dilihat dari kegiatan pokok pemasaran yaitu pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.

2. Pendekatan Serba Lembaga.
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang, dsb.

3. Pendekatan serba barang (Pendekatan Organisasi Industri).
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.

4. Pendekatan Serba Manajemen.
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.

5. Pendekatan Serba Sistem.
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.


Sumber : http://www.slideshare.net/opexs/pemasaran

1 komentar:

  1. Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
    Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
    Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
    Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
    Allah memberkati Anda.

    BalasHapus